Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Mahassiwa Wearnes Education Center Cabang Malang)

Main Author: TegarImaduddiin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104123/1/Pembuka.pdf
http://repository.ub.ac.id/104123/2/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/104123/2/Isi_dan_Lampiran.pdf
http://repository.ub.ac.id/104123/
Daftar Isi:
  • Persaingan usaha pendidikan swasta di Malang saat ini semakin pesat dan ketat. Keadaan semacam ini membuat para produsen merancang strategi pemasaran yang lebih baik dengan salah satu caranya adalah membentuk ekuitas merek yang kuat. Ekuitas merek adalah aset tidak terlihat perusahaan yang bisa memberi nilai positif atau negatif baik bagi produsen ataupun konsumen. Ekuitas merek mempunyai tiga elemen, yaitu loyalitas merek, perceived quality, citra merek dan brand awareness . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek yang terdiri atas loyalitas merek, perceived quality, citra merek dan brand awareness terhadap kepuasan konsumen produk berupa jasa pendidikan, baik secara simultan maupun parsial serta mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kasual antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitan ini adalah 100 responden yang berstatus mahasiswa aktif Wearnes Education Center Cabang Malang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel atas loyalitas merek, perceived quality, citra merek dan brand awareness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial, variabel perceived quality, citra merek dan brand awareness yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Untuk loyalitas merek tidak signifikan karena sulit untuk mengukur loyalitas terhadap barang/jasa yang pemakaiannya hanya sekali. Karena salah satu indikator loyalitas adalah melakukan pembelian berulang. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan yaitu variabel perceived quality. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah keempat varibel independen yaitu loyalitas merek, perceived quality, citra merek dan brand awareness secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial, variabel perceived quality, citra merek dan brand awareness yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel perceived quality merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan untuk loyalitas merek tidak signifikan karena karena sulit untuk mengukur loyalitas terhadap barang/jasa yang pemakaiannya hanya sekali. . Karena salah satu indikator loyalitas adalah melakukan pembelian berulang. Dari penelitian ini diharapkan Wearnes Education Center Cabang Malang mampu mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek yang telah ada sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.