Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang
Main Author: | Lukmanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104101/1/cover.pdf http://repository.ub.ac.id/104101/1/lukman_skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/104101/2/MUKHADDIMAH.pdf http://repository.ub.ac.id/104101/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Adapun variabel Relationship Marketing yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pertalian ( Bonding ), empati ( Empathy ), timbal balik ( Reciprocity ) dan kepercayaan ( Trust ). Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey , dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada para pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa seluruh variabel Relationship Marketing berpengaruh terhadap kepuasan para pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang, baik berpengaruh secara simultan maupun parsial. Variabel timbal balik merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai t variabel komunikasi yang paling besar dibandingkan dengan nilai t variabel Relationship Marketing yang lain. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R 2 ) diperoleh hasil sebesar 0,700. Artinya, kepuasan pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang sebesar 70%. Hal ini dijelaskan oleh faktor pertalian ( Bonding ), empati ( Empathy ), timbal balik ( Reciprocity ) dan kepercayaan ( Trust ), sedangkan sisanya, yaitu sebesar 30%, dipengaruhi faktor lain diluar model, misalnya faktor lokasi, faktor manajemen, faktor lay out dan faktor suasana perusahaan.