Pengaruh Advertising dan Sales Promotion terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Britama Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Kalipare Cabang Martadinata Malang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Advertising dan Sales Promotion secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan Nasabah memilih tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang Martadinata unit Kalipare, serta mengetahui variabel mana diantara advertising dan Sales Promotion tersebut yang berpengaruh dominan terhadap keputusan Nasabah memilih tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang Martadinata unit Kalipare. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau confirmatory research dengan variabel Periklanan (X 1) yang terdiri dari media iklan ( X1.1), daya tarik iklan ( X1.2), dan isi pesan iklan (X1.3) serta Variabel sales promotion (X2) yang terdiri dari undian (X2.1), hadiah ( X2.2) dan event ( X2.3) dan keputusan pembelian (Y). Sebagai responden sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang nasabah tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang Martadinata unit Kalipare. Data dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan dokumentasi, metode analisis data dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini hasil dari analalisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel Periklanan (X1) yang terdiri dari media iklan ( X1.1), daya tarik iklan ( X1.2), dan isi pesan iklan (X1.3) serta Variabel sales promotion (X2) yang terdiri dari undian (X2.1), hadiah ( X2.2) dan event ( X2.3) secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel daya tarik iklan (X1.2) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.