Analisa Lingkungan Sebagai Upaya Merumuskan Strategi Pada PT. Buanakarya Adi Mandiri Sebagai Pengembang Perumahan Permata Jingga Malang”

Main Author: YudhaWahyudianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103989/1/050900862.pdf
http://repository.ub.ac.id/103989/
Daftar Isi:
  • Persaingan industri yang semakin ketat menuntut manajemen dalam suatu perusahaan harus benar-benar siap dan mampu bersaing dengan yang lain. Menajemen perusahaan harus mempunyai strategi yang sesuai sehingga mampu bersaing dan dapat mencapai tujuan perusahaan. Strategi merupakan rumusan perencanaan yang komprehensif yang menyatakan tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya. Dalam merumuskan suatu strategi perusahaan harus mampu menganalisis lingkungan yang dihadapi, baik lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan eksternal perusahaan. Permasalahan yang kemudian muncul adalah bagaimana proses analisis lingkungan dalam upaya merumuskan strategi? Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang hendak dicapai antara lain; menganalisis peluang dan ancaman yang dihadapi oleh persuahaan, menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, dan merumuskan strategi dan alternatif strategi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu analisis kuntitaif dan analisis kulitatif yang antara lain; analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal, analisis IFAS, analisis EFAS, analisis SFAS, analisis matrik SWOT dan anlisis Matrik 9 Sel. Dari hasil analisis tersebut maka akan diperoleh beberapa alternatif strategi dan durasi kebjikan yang dapat dilakukan oleh perusahaan sehinggga dapat di tetapkan suatu strategi melalui penetapan strategi. Dalam konsep manajemen strategi tahapan selanjutnya adalah bagaimana mengimplementasikan strategi yang telah dihasilkan dari proses analisis. Implementsi strategi menjelaskan bagaimana strategi tersebut dapat diterapkan di perusahaan. Penjelasan secara mendetail dari setiap bagian atau fungsional yang ada dalam perusahaan serta memberikan keterangan durasi waktu agar proses pengendalian strategi dapat berjalan dengan baik.