Analisis Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Di Kelurahan Dinoyo, Tlogomas, Sumbersari, Lowokwaru, dan Tulusre
Main Author: | RennyAprillanita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103977/1/050900823.pdf http://repository.ub.ac.id/103977/ |
Daftar Isi:
- Saat ini, air mineral merupakan pilihan utama sebagian besar orang dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Hal ini dikarenakan air mineral memiliki keunggulan dibandingkan air bersih yang apabila diperoleh dengan memasak air mentah. Selain karena praktis, higienis, harga yang terjangkau, dan sifatnya yang lebih tahan lama dibanding air minum non-kemasan, air mineral juga mudah diperoleh. Penelitian dilakukan di Kecamatan Lowokwaru, yang dimana menurut data statistik kota Malang tahun 2008 merupakan kecamatan yang padat penduduknya, yaitu 157.949 jiwa. Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui faktor psikologis apa saja yang mempengaruhi konsumen terhadap pembelian air mineral. Oleh karena itu, dengan menganalisis faktor psikologis konsumen akan memberikan petunjuk bagi perusahaan untuk melakukan pengembangan produk terkait dengan keputusan pembelian air mineral oleh penduduk yang bermukim di Kecamatan Lowokwaru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variable-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri atas lima variabel bebas (X), antara lain variabel motivasi (X 1 ), persepsi (X 2 ), pengetahuan (X 3 ), dan keyakinan dan sikap (X 4 ), dan satu variabel terikat yaitu keputusan konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan proportionate stratified random sampling , dimana teknik penggambilan sampel digunakan bila populasi mempunyai unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 15.0 for Windows . Hasil dari pengujian hipotesis I dengan menggunakan Uji F menunjukkan variabel motivasi (X 1 ), persepsi (X 2 ), pengetahuan (X 3 ), dan keyakinan dan sikap (X 4 ), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesis II dengan menggunakan Uji t menunjukkan bahwa untuk variabel motivasi (X 1 ), pengetahuan (X 3 ), dan keyakinan dan sikap (X 4 ), secara parsial berpengaruh signifikan dan variabel persepsi (X 2 ) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Sedangkan hasil dari pengujian hipotesis III menunjukkan variable yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen (Y) adalah variable keyakinan dan sikap (X 4 ) dengan nilai koefisien standardized (Beta) tertinggi sebesar 0.292.