Strategic Planning dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus pada Rumah Makan Saboten Shokudo di Malang pada Tahun 2008)

Main Author: AkaKandiasAlAmin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103969/1/050900749.pdf
http://repository.ub.ac.id/103969/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, dan misi, menganalisis lingkungan eksternal maupun internal dengan menggunakan SWOT ( strength, weakness, opportunity, threat ), serta mengetahui bagaimana penerapan strategic planning yang didasarkan pada analisa kerangka kerja empat langkah dan enam prinsip blue ocean strategy pada Rumah Makan Saboten Shokudo. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif ( explorative descriptive research ) dengan pendekatan studi kasus ( case study ). Data diperoleh melalui teknik triangulasi yakni penggabungan beberapa metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak manajemen RM. Saboten Shokudo (internal), serta dokumentasi beberapa surat kabar, jurnal, buku, dan artikel (eksternal). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif (naratif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategic planning dilakukan dengan mengetahui gambaran perusahaan ( visi dan misi RM.Saboten Shokudo) serta dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat menerapkan inovasi nilai melalui kerangka kerja empat langkah H-K-T-C (hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan). RM. Saboten Shokudo menghapus kesan eksklusivitas dan faktor masakan Jepang favorit ( Shushi, Shabu-Shabu, Sashimi, dan Ramen ). Selain itu, RM. Saboten Shokudo juga mengurangi penggunaan bumbu khas Jepang dan tenaga kerja tambahan di waktu tertentu. Upaya peningkatan yang dilakukan oleh RM. Saboten Shokudo adalah peningkatan menu ekstra seperti Shisha, Onion Ring, Age Jagaimo, dan Doraboten , serta meningkatkan sisi entertainment -nya. Hasil dari kerangka kerja ini memunculkan produk baru yang mengikuti perkembangan lingkungan dan upaya perluasan pasar bagi RM. Saboten Shokudo, dengan menghadirkan makanan dan minuman sehat berkhasiat. Untuk memasuki Blue Ocean, RM. Saboten Shokudo harus menerapkan enam prinsip Blue Ocean yang mendorong pelaksanaan strategi Blue Ocean Strategy , yakni: (1) Merekonstruksi batasan pasar, (2) Fokus gambaran besar, bukan pada angka, (3) Menjangkau pasar hingga tingkat non-konsumen, (4) Menjalankan rangkaian strategis secara benar, (5) Mengatasi rintangan organisasi, dan (6) Menjalankan eksekusi strategi.