Pengaruh Brand Image Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Membeli Bakso Kota Cak Man di Kota Malang

Main Author: WihardyanYanuar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103939/1/050800629.pdf
http://repository.ub.ac.id/103939/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimanakah pengaruh brand image terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk Bakso Kota Cak Man di wilayah Malang secara simultan dan parsial serta mengetahui dan menganalisis komponen yang dominan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatori dimana penelitian digunakan untuk menguji hipotesis tentang adanya hubungan variabel bebas yaitu citra pembuat (X1 ), citra pemakai (X2 ), dan citra produk (X3 ) terhadap variabel terikat yaitu keputusan membeli (Y) dengan metode analisis data regresi berganda. Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 75 orang dengan menggunakan rumus Roscoe dan menggunakan metode probability sampling yaitu dengan teknik simple random sampling. Rentang data waktu yang digunakan adalah silang tempat (cross section) dan menggunakan skala pengukuran Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama terbukti karena secara simultan variabel bebas signifikan terhadap variabel terikat atau besarnya Fhitung sebesar 23.757. Nilai ini lebih besar dari 4 (23.757 > 4). Kemudian hipotesis kedua tidak terbukti karena secara parsial citra pembuat tidak signifikan atau nilai thitung sebesar 0.856. Nilai ini lebih kecil dari 2 (0.856 < 2), namun tidak demikian dengan dua variabel lainnya yaitu citra pemakai dan citra produk dengan nilai thitung masingmasing sebesar (2.813) dan (4.037) yang lebih besar dari 2. Sedangkan hipotesis ketiga juga terbukti karena citra produk masih menjadi komponen yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli, yang ditunjukkan dengan nilai Koefisien Beta yang distandarisasi terbesar yaitu sebesar 0.453.