Analisis variabel - variabel yang mempengaruhi penawaran gula studi kasus pada PT.PG. Pesantren Kediri

Main Author: CahyoAdiNugroho
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103928/1/050800528.pdf
http://repository.ub.ac.id/103928/
Daftar Isi:
  • Gula merupakan salah satu komoditas strategis dalam perekonomian Indonesia. Dengan terus bertambahnya permintaan masyarakat akan gula, terutama gula putih, dan jumlah produksi yang tidak mampu mengimbanginya menyebabkan jumlah persediaan gula menjadi terbatas dan ini membawa dampak juga pada naiknya harga gula. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang terdiri dari harga gula, biaya produksi, rendemen, dan teknologi terhadap penawaran gula. Serta variabel manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi penawaran gula pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Kediri Bahwa variabel-variabel bebas seperti harga gula, biaya produksi, rendemen, dan teknologi secara individu maupun bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap penawaran gula pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Kediri. Variabel-variabel bebas tersebut dapat menjelaskan variasi variabel terikatnya yaitu penawaran gula sebesar 91,80%. Dari keempat variabel yang diteliti diketahui bahwa variabel yang paling mempengaruhi penawaran pada PG. Pesantren Kediri adalah biaya produksi kemudian yang kedua adalah rendemen.