Daftar Isi:
  • Penelitian mengenai kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kepercayaan atribut-objek ( object-attribute beliefs ), kepercayaan manfaatatribut ( attribute-benefit beliefs ), serta kepercayaan objek-manfaat ( object-benefit beliefs ) secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio dan juga variabel yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang sebagai pemilik dan pemakai sepeda motor Yamaha Mio yang terdaftar dan aktif pada tahun akademik 2007-2008 dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 102 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis melalui uji F, uji t serta uji koefisien standardized atau beta (7). Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut : 1) Variabel kepercayaan atribut-objek ( object-attribute beliefs ), kepercayaan manfaat-atribut ( attribute-benefit beliefs ), serta kepercayaan objek-manfaat ( object-benefit beliefs ) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. 2) Variabel kepercayaan atribut-objek ( object-attribute beliefs ), kepercayaan manfaat-atribut ( attribute-benefit beliefs ), serta kepercayaan objekmanfaat ( object-benefit beliefs ) secara partial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. 3) Variabel kepercayaan manfaatatribut ( attribute-benefit beliefs )berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan atribut-objek ( object-attribute beliefs ), kepercayaan manfaat-atribut ( attribute-benefit beliefs ), serta kepercayaan objek-manfaat ( object-benefit beliefs ) satu kesatuan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen sehingga mempengaruhi dalam keputusan pembelian.