Pengaruh ekuitas merek (Brand Equity) terhadap loyalitas pelanggan ponsel Nokia studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang

Main Author: NitaNurFaidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103905/1/051000085.pdf
http://repository.ub.ac.id/103905/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek) terhadap loyalitas pelanggan ponsel Nokia pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Data yang dianalisa berasal dari 115 responden mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Alat analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan ekuitas merek signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan , dengan nilai F sebesar 85,002. Secara parsial kesadaran merek signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan, sebesar 0,169. Asosiasi merek signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan, sebesar 0,252. Persepsi kualitas signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan, sebesar 0,195. Loyalitas merek signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan, sebesar 0,346. Nilai Ajusted R square sebesar 0,747. Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek, mempunyai hubungan positif atau searah dengan loyalitas pelanggan . Loyalitas merek dominan mempengaruhi produktivitas karyawan. Hasil penelitian dapat digunakan dalam strategi Manajemen Pemasaran, sebaiknya perusahaan memperhatikan pentingnya ekuitas merek untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, terutama loyalitas merek , karena variabel ini dominan mempengaruhi produktivitas karyawan.