Manajemen Strategi dalam Menghadapi Perubahan ingkungan dan Persaingan Pada PT. Buana Karya Adi MandiriSebagai Pengembang Perumahan Permata Jingga Malang

Main Author: FirmanRidananto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103903/1/050903297.pdf
http://repository.ub.ac.id/103903/
Daftar Isi:
  • Perubahan Lingkungan dan persaingan merupakan suatu faktor penentu dalam perencanaan strategi yang dapat menentukan peluang atau ancaman terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan baik lingkungan eksternal maupun internal pada PT. Buanakarya Adi Mandiri Malang, sehingga dapat ditentukan strategi yang sesuai dengan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang, dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan eksternal maupun internal perusahaan, sehingga dari situ akan ditemukan peluang, hambatan, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi pesaing. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis Rasio, EFE, IFE, Matriks SWOT, Matriks IE (Internal-Eksternal) dan Matriks Space. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap PT. Buanakarya Adi Mandiri, strategi yang sesuai adalah antara a broad differentiation strategy dan a best provider strategy. Dimana pada Strategi Diferensiasi, pengembang akan mendefinisikan produk yang ditawarkan yaitu produk yang memiliki kualitas dan fasilitas unggul. Dan pada strategi best provider, pengembang akan memusatkan atau memfokuskan diri pada usahanya untuk merubah tampilan produk yang memiliki konsep berbeda dan lebih baik dibanding pesaing dan dengan harga yang bersaing. . Untuk menjabarkan strategi yang telah dirumuskan, maka perlu dibuat suatu kebijaksanaan fungsional, kebijakan ini meliputi kebijaksanaan manajemen, pemasaran, produksi, keuangan, ekonomi, demografi, pasar, dan persaingan.