Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral AQUA studi pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya
Main Author: | BayuPrakoso |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103857/1/050900021.pdf http://repository.ub.ac.id/103857/ |
Daftar Isi:
- Dalam situasi persaingan bisnis, pada abad milenium seperti sekarang, perusahaan dituntut bersaing secara kompetitif (competitive rivalry) dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal, dan salah satunya adalah melalui pengembangan ekuitas merek. Dalam penelitian ini, dianalisis pengaruh variable-variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Unsur-unsur ekuitas merek yang akan dijadikan variabel independent adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan asset merek lain. Sedangkan dimensi yang akan dijadikan variabel dependent adalah keputusan pembelian air mineral AQUA pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel ekuitas merek secara simultan maupun secara parsial serta mengetahui variabelvariabel ekuitas merek yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian air mineral AQUA pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden yang mengkonsumsi air mineral AQUA. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset merek lain berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian air mineral AQUA pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan untuk pengaruh variabel ekuitas yang paling dominan terhadap keputusan pembelian air mineral AQUA pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang adalah persepsi kualitas. Produk yang dipersepsikan bagus oleh konsumen akan mendapat tempat dalam benak konsumen, sehingga mereka akan melakukan pembelian terhadap produk tersebut, dan setelah mereka puas, mereka akan melakukan pembelian ulang, dan mengajak orang lain untuk membeli dan membicarakan hal-hal yang baik mengenai produk atau perusahaan yang memproduksinya, kepada orang lain.