Evaluasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) : Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Sidoarjo Unit Kemasan

Main Author: WahyuKurniawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103838/1/050803794.pdf
http://repository.ub.ac.id/103838/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana cara debitur memperoleh informasi tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR). 2) Persepsi debitur terkait mekanisme memperoleh KUR. 3) Perilaku debitur KUR dalam mengalokasikan kredit yang diterima, apakah untuk usaha, konsumsi, usaha dan konsumsi atau yang lainnya. 4) Efektivitas KUR dalam meningkatkan jumlah produksi usaha, pendapatan/omset dan keuntungan/laba UMKM. Penelitian ini dillaksanakan pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Sidoarjo Unit Kemasan. Sedangkan obyek penelitiannya adalah debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sementara itu metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dimana penelitian ini akan mendeskripsikan jawaban dari responden, sehingga tujuan dari penelitian ini akan terjawab. Dari hasil penelitian di lapangan, didapatkan hasil bahwa: 1) Sumber informasi utama UMKM dari program KUR adalah dari media televisi. 2) mayoritas responden mengatakan bahwa mekanisme memperoleh dana KUR mudah dengan biaya yang ringan, proses cepat, bunga rendah, realisasi pinjaman yang sesuai dan jangka waktu pinjaman yang cukup. 3) UMKM tidak menggunakan dana KUR sepenuhnya untuk kegiatan usaha, mereka masih menggunakan dana KUR untuk kegiatan konsumsi. 4) Program KUR yang ditujukan bagi UMKM ini tidak efektif untuk meningkatkan jumlah produksi, pendapatan/omset dan keuntungan/laba dari UMKM. Ketidakefektifan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling utama adalah penyalahgunaan dana yang dilakukan oleh UMKM sendiri, yaitu menggunakan dana KUR untuk kegiatan konsumsi.