Proses Pengambilan Keputusan Subscriber untuk Berwisata Berdasarkan Karakteristik Konten Promosi Pariwisata Dunia pada Vlog Arief Muhammad
Main Author: | Nakhlah, Nalan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10381/ |
Daftar Isi:
- Vlog merupakan salah satu bentuk dari media baru yang berisi kegiatan sehari-hari, ketertarikan, pengalaman, maupun kegiatan beropini dari pembuat vlog yang disebut vlogger. Media berbasis internet ini digunakan untuk berkomunikasi, salah satunya untuk mencari opini orang lain tentang suatu produk atau jasa. Travel-VLOGGG merupakan kategori konten pariwisata yang ada pada vlog milik Arief Muhammad. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran fenomena vlog Arief Muhammad dan proses pengambilan keputusan subscriber untuk berwisata, serta menjelaskan secara mendalam tentang terjadinya proses pengambilan keputusan yang dialami oleh subscriber untuk berwisata tersebut. Penelitian ini menggunakan model sequential explanatory design milik Creswell dengan penelitian diawali menggunakan metode kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan metode kualitatif. Dalam metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada objek penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampling random sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan hasil berupa gambaran fenomena vlog Arief Muhammad, berupa data kecenderungan responden untuk menyetujui konten vlog dan data kecenderungan mengalami proses pengambilan keputusan untuk berwisata yang dirasakan oleh subscriber channel YouTube tersebut. Selanjutnya, proses pengambilan keputusan yang dialami oleh subscriber untuk berwisata dijelaskan secara lebih dalam melalui metode kualitatif. Dalam metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap empat orang informan ditetapkan sebagai subjek penelitian dengan menggunakan teknik sampling purposif. Berdasarkan hasil temuan data di lapangan, ditemukan fakta bahwa terdapat peranan Travel-VLOGGG sebagai alat promosi pariwisata ditentukan oleh kemampuan berinteraksi dan kemampuan bereaksi vlogger yang dianggap jujur dalam menyampaikan pesan. Penelitian ini memberikan gambaran model proses pengambilan keputusan subscriber untuk berwisata yang dimulai dari proses seseorang menjadi subscriber, berbagai aktivitas yang dilakukan oleh subscriber hingga munculnya kecenderungan dari subscriber untuk berwisata, serta faktor pendorong dan penghambat yang dirasakan oleh subscriber.