Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan Studi pada Perusahaan Keripik Pisang Agung di UD. NIKMAT RASA Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang

Main Author: DihanProfita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103758/1/050802930.pdf
http://repository.ub.ac.id/103758/
Daftar Isi:
  • UD. NIKMAT RASA Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan olahan yang bahan dasarnya mengambil dari pisang agung yang kemudian diolah menjadi keripik pisang. Salah satu jenis pisang yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Lumajang yaitu pisang agung, pisang ini memiliki keistimewaan yaitu ukurannya lebih panjang dibanding jenis pisang lain. Untuk menghadapi persaingan yang ada diharapkan UD. NIKMAT RASA Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang mampu mengkombinasikan dan mengkoordinir bauran pemasaran yang ada agar perusahaan dapat melakukan tugas pemasarannya seefektif mungkin. Dalam usaha untuk meningkatkan penjualan tentunya diikuti dengan pengeluaran biaya-biaya dalam melaksanakan bauran pemasaran tersebut. Dalam penelitian ini penulis tertarik meneliti tentang biaya promosi dan biaya saluran distribusi karena dalam penelitian yang dilakukan ditemukan data yang menunjukkan peningkatan volume penjualan banyak dipengaruhi oleh biaya promosi dan biaya saluran distribusi walaupun produk dan harga juga berpengaruh. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan dan juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan pengaruhnya dalam mempengaruhi volume penjualan keripik pisang agung. Dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel bebas (X) yaitu variabel biaya promosi (X 1), variabel biaya saluran distribusi (X2), sedangkan variabel terikatnya yaitu variabel volume penjualan (Y). Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah regresi berganda. Uji F digunakan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel bebas tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat, dan juga uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara parsial mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel bebas yaitu variabel biaya promosi dan variabel biaya saluran distribusi terhadap variabel terikat yaitu volume penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan 74,50% variabel biaya promosi dan variabel biaya saluran distribusi mempengaruhi variabel volume penjualan, sedangkan 25,50% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Sedangkan variabel yang paling dominan adalah variabel biaya saluran distribusi, hal ini ditunjukkan dengan koefisien β biaya promosi sebesar 0,520 koefisien β biaya saluran distribusi sebesar 0,480. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang dominan adalah variabel saluran distribusi.