Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Champions Futsal Pusat Malang
Main Author: | FahmiIrham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103755/1/050802926.pdf http://repository.ub.ac.id/103755/ |
Daftar Isi:
- Champions Futsal Pusat Malang Malang sebagai sebuah organisasi jasa di bidang olahraga perlu untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja pelayanan yang diterima oleh konsumen. Dengan mengetahui mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang ada, maka Champions Futsal Pusat Malang dapat melakukan perubahan-perubahan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan Konsumen Champions Futsal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi kualitas pelayanan. Adapun variabel kualitas pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah keandalan (reliability) , daya tanggap (responsiveness) , jaminan (assurance) , empati (emphaty) , dan tampilan fisik ( Tangibles). Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Untuk menguji pengaruh tingkat pelayanan Champions Futsal Pusat Malang berdasarkan dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangibles terhadap kepuasan konsumen Champions Futsal secara simultan, b) Untuk menguji pengaruh tingkat pelayanan Champions Futsal Pusat Malang berdasarkan dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangibles terhadap kepuasan konsumen Champions Futsal secara parsial, c) Untuk menguji dan menganalisis dimensi tingkat layanan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Champions Futsal Pusat Malang. Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan rumus Malholtra dan didapat 165 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dan Accidental sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa pengujian secara simultan (bersama-sama) pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa yaitu: Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibless terhadap kepuasan konsumen pada Champions Futsal Pusat Malang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan pengujian secara parsial (individu) didapatkan hasil bahwa terdapat dua Variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, yaitu variabel Emphaty (X 4 ) , dan variabel Tangibless (X 5 ), tiga variabel lainnya yaitu variabel Reliability (X 1 ) , Responsiveness (X 2 ) , dan Assurance (X 3 ) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi parsial dapat diketahuia bahwa variabel Tangibless (X 5 ) mempunyai pengaruh dominan, dengan demikian, maka hipotesis ketiga menyatakan bahwa diduga variabel emphaty mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen (Y) dibandingkan keempat variabel lainnya, ditolak.