“Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Produk Deterjen Rinso Anti Noda, Bersihkan Noda Dengan Hanya Sekali Cuci, Versi ”Pasti Bisa Tanpa Nyontek” dengan Menggunakan Direct Rating Methode (DRM) : studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawija
Main Author: | PratiwiSujayanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103749/1/050802827.pdf http://repository.ub.ac.id/103749/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan televisi Rinso Anti Noda dengan menggunakan Direct Rating Method (DRM) yang terdiri dari lima faktor yaitu perhatian, pembacaan, respon kognitif, respon afektif dan perilaku pasca iklan. Model ini mengklasifikasikan iklan ke dalam lima kategori yaitu; iklan buruk (skor 0-20), iklan kurang baik (skor 20,01-40), iklan rata-rata (skor 40,01-60), iklan baik (skor 60,01- 80), dan iklan hebat (skor 80,01-100). Dari penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang didapatkan hasil bahwa iklan televisi Rinso Anti Noda, Bersihkan Noda Dengan Hanya Sekali Cuci, versi “Pasti Bisa Tanpa Nyontek...”merupakan iklan yang baik dengan nilai penilaian terhadap lima faktor yang menghasilkan angka direct rating masing-masing 14,94 untuk faktor perhatian, 13,628 untuk faktor pembacaan, 13,888 untuk faktor respon kognitif, 15,532 untuk faktor respon afektif, dan 12,936 untuk faktor perilaku pasca iklan. Sehingga, jika dijumlahkan maka nilai DRM untuk iklan televisi Rinso Anti Noda, Bersihkan Noda Dengan Hanya Sekali Cuci, versi “Pasti Bisa Tanpa Nyontek...” sebesar 70,924 dan dapat digolongkan kedalam iklan yang baik.