Audit operasional untuk menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran (Studi Kasus Pada PT.Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Malang
Main Author: | AmiliyaUmiAstutik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103747/1/050802825.pdf http://repository.ub.ac.id/103747/ |
Daftar Isi:
- Audit operasional merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan kinerja manajemen. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut. Audit operasional yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran PT.Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efektivitas dan efisiensi kinerja pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dan inefisiensi dalam kegiatan operasi perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan saran atau rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Penilaian efektivitas dan efisiensi kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect serta pemberian rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemasaran secara keseluruhan belum sepenuhnya efektif dan efisien. Untuk itu PT.Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Malang harus terus berupaya memperbaiki kinerja fungsi pemasarannya.