Pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada mahasiswa Program S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya di Malang

Main Author: WiwitApriyawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103704/1/050800408.pdf
http://repository.ub.ac.id/103704/
ctrlnum 103704
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/103704/</relation><title>Pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada mahasiswa Program S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya di Malang</title><creator>WiwitApriyawan</creator><subject>330 Economics</subject><description>Keputusan para konsumen untuk memilih produk Handphone Nokia tersebut tentunya tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, termasuk di dalamnya faktor psikologis yang dapat berupa motivasi, persepsi, proses belajar dan sikap. Semua hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap gaya hidup konsumen dalam memutuskan kegiatan pembelian terhadap suatu produk, dalam hal ini adalah pembelian produk handphone merek Nokia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan survei, dimana cara pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program S-1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan jumlah sampel dalam penelitian ini 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut 1) Seluruh item pernyataan dan pertanyaan dalam kuisioner dinyatakan valid karena mempunyai nilai korelasi &amp;gt; 0,3 dan probabilitas hasil korelasi lebih kecil dari 0,05 (5%). 2) Pada hasil perhitungan reliabilitas diketahui bahwa seluruh variabel dinyatakan reliabel karena mempunyai nilai Cronbach&#x2019;s alpha &amp;gt; 0,6. 3) Sesuai dengan syarat uji asumsi klasik, dapat diketahui bahwa data yang dianalisa dalam penelitian ini memenuhi syarat uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji Auto korelasi sehingga data tersebut dapat dianalisa dengan mengunakan analisa regresi berganda. 4) Dari hasil analisa regresi berganda diketahui nilai R sebesar 0,766 yang artinya bahwa R &amp;gt; 0, artinya bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) mempunyai hubungan yang cukup terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai Ajusted R Square sebesar 0,569, menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 56,9% sedangkan sisanya sebesar 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Nilai F hitung sebesar 33,718 dapat diketahui bahwa F tabel &amp;gt; F hitung (33,718 &amp;gt; 2,45), artinya bahwa secara simultan variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa pertama dalam penelitian ini diterima. 5) Nilai t tabel untuk setiap variabel bebas dapat diketahui bahwa secara parsial variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa kedua dalam penelitian ini diterima. 6) Berdasarkan pada nilai koefisien regresi standardized (&#x3B2;), dapat diketahui bahwa &#x3B2;3 &amp;gt; &#x3B2;1, 2, 4. Artinya bahwa variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel Belajar (X3) karena variabel Belajar (X3) mempunyai nilai koefisien regresi standardized (&#x3B2;) terbesar dibandingkan dengan 3 variabel lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa ketiga dalam penelitian ini diterima.</description><date>2008-01-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/103704/1/050800408.pdf</identifier><identifier> WiwitApriyawan (2008) Pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada mahasiswa Program S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2008/43/050800408</relation><recordID>103704</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WiwitApriyawan
title Pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada mahasiswa Program S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya di Malang
publishDate 2008
topic 330 Economics
url http://repository.ub.ac.id/103704/1/050800408.pdf
http://repository.ub.ac.id/103704/
contents Keputusan para konsumen untuk memilih produk Handphone Nokia tersebut tentunya tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, termasuk di dalamnya faktor psikologis yang dapat berupa motivasi, persepsi, proses belajar dan sikap. Semua hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap gaya hidup konsumen dalam memutuskan kegiatan pembelian terhadap suatu produk, dalam hal ini adalah pembelian produk handphone merek Nokia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan survei, dimana cara pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program S-1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan jumlah sampel dalam penelitian ini 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut 1) Seluruh item pernyataan dan pertanyaan dalam kuisioner dinyatakan valid karena mempunyai nilai korelasi &gt; 0,3 dan probabilitas hasil korelasi lebih kecil dari 0,05 (5%). 2) Pada hasil perhitungan reliabilitas diketahui bahwa seluruh variabel dinyatakan reliabel karena mempunyai nilai Cronbach’s alpha &gt; 0,6. 3) Sesuai dengan syarat uji asumsi klasik, dapat diketahui bahwa data yang dianalisa dalam penelitian ini memenuhi syarat uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji Auto korelasi sehingga data tersebut dapat dianalisa dengan mengunakan analisa regresi berganda. 4) Dari hasil analisa regresi berganda diketahui nilai R sebesar 0,766 yang artinya bahwa R &gt; 0, artinya bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) mempunyai hubungan yang cukup terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai Ajusted R Square sebesar 0,569, menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 56,9% sedangkan sisanya sebesar 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Nilai F hitung sebesar 33,718 dapat diketahui bahwa F tabel &gt; F hitung (33,718 &gt; 2,45), artinya bahwa secara simultan variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa pertama dalam penelitian ini diterima. 5) Nilai t tabel untuk setiap variabel bebas dapat diketahui bahwa secara parsial variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa kedua dalam penelitian ini diterima. 6) Berdasarkan pada nilai koefisien regresi standardized (β), dapat diketahui bahwa β3 &gt; β1, 2, 4. Artinya bahwa variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel Belajar (X3) karena variabel Belajar (X3) mempunyai nilai koefisien regresi standardized (β) terbesar dibandingkan dengan 3 variabel lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa ketiga dalam penelitian ini diterima.
id IOS4666.103704
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T06:59:58Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:44Z
recordtype dc
_version_ 1751455904152158208
score 17.538404