Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Pada Produk Kerajinan Kendang Jimbe, Desa Santren, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar (Studi Pada Pengunjung Makam Bung Karno, Di Desa Santren, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar)

Main Author: HandriawanWidyasworo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103687/1/050802497.pdf
http://repository.ub.ac.id/103687/
Daftar Isi:
  • Saat ini masih sedikit masyarakat yang mempertahankan dan melestarikan kebudayaan maupun kesenian daerah setempat. Di desa Santren, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar ada beberapa pengusaha yang bergerak dibidang kesenian, yaitu usaha kerajinan kendang jimbe. Pada usaha tersebut, selama ini tidak bisa menentukan segmentasi konsumen secara jelas. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mensurvei, menganalisis segmen pasar dan mengetahui karakteristik konsumen kerajinan kendang jimbe di daerah pemasaran sekitar Makam Bung Karno (MBK). Penelitian ini melibatkan 40 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling . Dalam penelitian ini meliputi variabel geografis (X 1 ), variabel demografis (X 2 ), variabel psikografis (X 3 ) dan variabel perilaku (X 4 ). Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui jumlah cluster yang ada menggunakan hierarchical cluster analysis dengan metode ward . Hasil analisis tersebut menghasilkan 3 cluster , profil cluster 1 adalah, pembeli yang berasal dari luar kota dan mempunyai pandangan bahwa produk kerajinan kendang jimbe merupakan barang spesial ( specialty goods ). Cluster 2, pembeli yang berasal dari pinggiran kota dan mempunyai pandangan bahwa produk kerajinan kendang jimbe merupakan barang shopphing ( shopping goods ). Cluster 3 , pembeli yang berasal dari daerah setempat/sekitar Blitar, dan mempunyai pandangan bahwa produk kerajinan kendang jimbe merupakan barang konvenien ( convenience goods ).