Pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: AyudyaIndraRahayuningPutri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103668/1/050800404.pdf
http://repository.ub.ac.id/103668/
ctrlnum 103668
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/103668/</relation><title>Pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang</title><creator>AyudyaIndraRahayuningPutri</creator><subject>330 Economics</subject><description>Penelitian mengenai pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu simPATI dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial serta pengaruh dominan antara pesan iklan dengan motivasi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan menggunakan metode survai. Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, dan jumlah sample dalam penelitian ini adalah 97 responden yang pernah menonton iklan kartu simPATI dan juga pernah atau sedang menggunakan kartu simPATI. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diambil selama bulan November 2007 dengan menggunakan kuisioner. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pesan iklan (variable bebas) yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata secara simultan terhadap motivasi konsumen atas pengaruh pesan iklan. (2) pesan iklan (variable bebas) yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata secara parsial terhadap motivasi konsumen atas pengaruh pesan iklan. (3) variable isi pesan (X1) mempunyai pengaruh dominan dengan nilai koefisien beta 0,361, kemudian diikuti oleh variable sumber pesan (X4), struktur pesan (X2), dan variable terakhir yang memiliki hubungan paling lemah diantara variable tersebut adalah format pesan (X3). Berdasarkan hasil yang telah diperoleh diatas, menunjukkan bahwa pesan iklan, yaitu isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4), secara signifikan dapat dipergunakan sebagai alat ukur terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu simPATI.</description><date>2008-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/103668/1/050800404.pdf</identifier><identifier> AyudyaIndraRahayuningPutri (2008) Pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2008/39/050800404</relation><recordID>103668</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AyudyaIndraRahayuningPutri
title Pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
title_sub studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
publishDate 2008
topic 330 Economics
url http://repository.ub.ac.id/103668/1/050800404.pdf
http://repository.ub.ac.id/103668/
contents Penelitian mengenai pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu simPATI dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial serta pengaruh dominan antara pesan iklan dengan motivasi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan menggunakan metode survai. Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, dan jumlah sample dalam penelitian ini adalah 97 responden yang pernah menonton iklan kartu simPATI dan juga pernah atau sedang menggunakan kartu simPATI. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diambil selama bulan November 2007 dengan menggunakan kuisioner. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pesan iklan (variable bebas) yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata secara simultan terhadap motivasi konsumen atas pengaruh pesan iklan. (2) pesan iklan (variable bebas) yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata secara parsial terhadap motivasi konsumen atas pengaruh pesan iklan. (3) variable isi pesan (X1) mempunyai pengaruh dominan dengan nilai koefisien beta 0,361, kemudian diikuti oleh variable sumber pesan (X4), struktur pesan (X2), dan variable terakhir yang memiliki hubungan paling lemah diantara variable tersebut adalah format pesan (X3). Berdasarkan hasil yang telah diperoleh diatas, menunjukkan bahwa pesan iklan, yaitu isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4), secara signifikan dapat dipergunakan sebagai alat ukur terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu simPATI.
id IOS4666.103668
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T06:59:57Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:44Z
recordtype dc
_version_ 1751455904363970560
score 17.538404