Analisis hubungan kinerja organisasi sektor publik yang diukur dengan Balanced Scoregard terhadap kepercayaan masyarakat (Studi kasus pada Dispenda Provinsi Bali)

Main Author: NymAndikaTriadhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103600/1/050802024.pdf
http://repository.ub.ac.id/103600/
ctrlnum 103600
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/103600/</relation><title>Analisis hubungan kinerja organisasi sektor publik yang diukur dengan Balanced Scoregard terhadap kepercayaan masyarakat (Studi kasus pada Dispenda Provinsi Bali).</title><creator>NymAndikaTriadhi</creator><subject>657 Accounting</subject><description>Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi organisasi karena dapat dipergunakan untuk menilai keberhasilan organisasi dan dapat digunakan sebagai dasar menyusun sistem imbalan atau sebagai dasar penyusunan strategi perusahaan atau organisasi. Sistem pengukuran kinerja sektor publik merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk membantu manajer publik menilai pencapaian suatu strategi melalui alat ukur finansial dan non finansial. &#xD; Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang diterapkan pada organisasi swasta dalam upaya menyeimbangkan antara aspek finansial maupun aspek non finansial. Pengukuran kinerja organisasi sektor publik saat ini tidak semata-mata untuk menilai keberhasilan organisasi tetapi juga untuk meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja organisasi sektor publik yang dalam hal ini Dispenda Provinsi Bali dengan kepercayaan masyarakat. Agar lebih terfokus maka penulis membatasi masalah penelitian pada empat perspektif dalam balanced scorecard , yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. &#xD; Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan instrumen koesioner. Uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu dilakukan terhadap jawaban responden dari koesioner yang disebarkan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode kualitatif yang dilakukan dengan cara mengevaluasi tentang kejadiankejadian berdasarkan data dan fakta yang telah diteliti, dan metode kuantitatif terhadap keempat perspektif dalam balanced scorecard . Metode kuantitatif juga digunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan kinerja organisasi sektor publik dengan kepercayaan masyarakat.&#xD; Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada hubungan antara kinerja dengan kepercayaan masyarakat. Kinerja pada Dispenda Provinsi Bali setelah diukur dengan balanced scorecard menunjukkan hasil yang baik dan masyarakat juga cukup percaya dengan kinerja yang ditunjukan oleh Dispenda Provinsi Bali. &#xD; Hal ini mencerminkan bahwa Dispenda Provinsi Bali selalu berusaha untuk mewujudkan visi, misi dan tujuannya sebagai dinas penghasil untuk mewujudkan diterapkannya prinsip-prinsip akuntabilitas dan good governance .</description><date>2008-07-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/103600/1/050802024.pdf</identifier><identifier> NymAndikaTriadhi (2008) Analisis hubungan kinerja organisasi sektor publik yang diukur dengan Balanced Scoregard terhadap kepercayaan masyarakat (Studi kasus pada Dispenda Provinsi Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2008/321/050802024</relation><recordID>103600</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NymAndikaTriadhi
title Analisis hubungan kinerja organisasi sektor publik yang diukur dengan Balanced Scoregard terhadap kepercayaan masyarakat (Studi kasus pada Dispenda Provinsi Bali)
publishDate 2008
topic 657 Accounting
url http://repository.ub.ac.id/103600/1/050802024.pdf
http://repository.ub.ac.id/103600/
contents Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi organisasi karena dapat dipergunakan untuk menilai keberhasilan organisasi dan dapat digunakan sebagai dasar menyusun sistem imbalan atau sebagai dasar penyusunan strategi perusahaan atau organisasi. Sistem pengukuran kinerja sektor publik merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk membantu manajer publik menilai pencapaian suatu strategi melalui alat ukur finansial dan non finansial. Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang diterapkan pada organisasi swasta dalam upaya menyeimbangkan antara aspek finansial maupun aspek non finansial. Pengukuran kinerja organisasi sektor publik saat ini tidak semata-mata untuk menilai keberhasilan organisasi tetapi juga untuk meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja organisasi sektor publik yang dalam hal ini Dispenda Provinsi Bali dengan kepercayaan masyarakat. Agar lebih terfokus maka penulis membatasi masalah penelitian pada empat perspektif dalam balanced scorecard , yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan instrumen koesioner. Uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu dilakukan terhadap jawaban responden dari koesioner yang disebarkan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode kualitatif yang dilakukan dengan cara mengevaluasi tentang kejadiankejadian berdasarkan data dan fakta yang telah diteliti, dan metode kuantitatif terhadap keempat perspektif dalam balanced scorecard . Metode kuantitatif juga digunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan kinerja organisasi sektor publik dengan kepercayaan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada hubungan antara kinerja dengan kepercayaan masyarakat. Kinerja pada Dispenda Provinsi Bali setelah diukur dengan balanced scorecard menunjukkan hasil yang baik dan masyarakat juga cukup percaya dengan kinerja yang ditunjukan oleh Dispenda Provinsi Bali. Hal ini mencerminkan bahwa Dispenda Provinsi Bali selalu berusaha untuk mewujudkan visi, misi dan tujuannya sebagai dinas penghasil untuk mewujudkan diterapkannya prinsip-prinsip akuntabilitas dan good governance .
id IOS4666.103600
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T06:59:50Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:39Z
recordtype dc
_version_ 1751455905147256832
score 17.538404