Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah kredit multi guna pada Bank Jatim Cabang Blitar

Main Author: NuriIndahWardani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103589/1/050800365.pdf
http://repository.ub.ac.id/103589/
Daftar Isi:
  • Perubahan lingkungan mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Perubahan lingkungan yang cepat dan tak terduga mengharuskan perusahaan untuk mengatasi segala resiko dan ancaman yang terjadi serta memanfaatkan peluang yang ada. Oleh karena itu, perusahaan perlu menganalisis lingkungan internal dan eksternal untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif. Analisis kualitatif terdiri dari TOWS dan IE Matrik. Analisis tersebut digunakan untuk mengamati kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan, serta menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi perusahaan. Berdasarkan analisis TOWS yang terdiri dari Ekonomi, Persaingan, Kebijaksanaan Pemerintah, Mutu Produk Teknologi Sistem Informasi, dan Sumber Daya Manusia. Dari TOWS Matrik disusunlah IE Matrik. Berdasarkan hasil dari IE Matrik yang ada, perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat, yaitu “Strategi Jaga dan Pertahankan”. Pada strategi ini merupakan perusahaan dituntut untuk tetap menjaga dan mempertahankan prestasi yang telah diperoleh, sehingga dikemudian hari dapat lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan. Dengan strategi jaga dan pertahankan diharapkan Bank Jatim Cabang Blitar dapat meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan KMG bagi nasabahnya, untuk meningkatkan jumlah nasabah KMG, dan dapat unggul dalam persaingan jasa perbankan.