Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Pembelian Produk Minuman Pocari Sweat Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya Malang

Main Author: KamajayaVerdian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103565/1/050801822.pdf
http://repository.ub.ac.id/103565/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel bauran promosi dengan keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatori, dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel bauran promosi produk minuman Pocari Sweat dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas (X), yaitu variabel Periklanan (X 1 ), variabel Promosi Penjualan (X 3 ), variabel Publikasi (X 3 ), dan variabel Penjualan Tatap Muka (X 4 ) dan satu variabel terikat yaitu keputusan pembelian konsumen (Y). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan rumus Slovin , dengan jumlah 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Dari hasil uji t, uji F dan regresi berganda dapat diketahui bahwa keempat variabel yaitu periklanan (X 1 ), promosi penjualan (X 2 ), publikasi (X 3 ), dan penjualan tatap muka (X 4 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel penjualan tatap muka (X 4 ) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dengan nilai sebesar 21,27%, dibandingkan dengan variabel-variabel lain yaitu variabel periklanan (12,98%), variabel promosi penjualan (11,19%), dan variabel publikasi (11,56%). Berdasarkan penelitian ini, diketahui variabel keputusan pembelian (Y) dijelaskan oleh variabel bauran promosi (X) sebesar 57,0 %, sedangkan sisanya sebesar 43,0 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.