Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard pada PT. Malang Intermedia Pers

Main Author: NurulRizqiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103556/1/050801753.pdf
http://repository.ub.ac.id/103556/
Daftar Isi:
  • PT. Malang Intermedia Pers sebagai perusahaan penerbit Koran Radar Malang yang lahir ditengah-tengah perubahan besar Bangsa Indonesia diharapkan mampu menjadi jembatan antara masyarakat dan pemimpin Wilayah Malang Raya. Dengan tetap mengedepankan Visi dan Misi Perusahaan yaitu “Mengawal Reformasi dan Otonomi Daerah”, PT Malang Intermedia Pers memberikan berita-berita lokal terbaru sebagai sumber informasi masyarakat luas yang dapat dipercaya. Dalam menjalankan kegiatan bisnis perusahaan, PT. Malang Intermedia Pers menghadapi kendala-kendala baik internal maupun eksternal. Kendala-kendala tersebut bisa diminimalisir dengan upaya perbaikan disegala aspek perusahaan agar tetap menjadi pemimpin pasar tujuan perusahaan yang juga berorientasi pada laba. O leh karena itu, PT. Malang Intermedia Pers perlu memiliki suatu alat pengukuran kinerja sebagai alat evaluasi agar aktivitas bisnis perusahaan dapat berjalan dengan optimal. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu alat pengukuran kinerja perusahaan yang komperhensif, kohern, seimbang dan terukur. Selain sebagai alat evaluasi kinerja Balanced Scorecard telah dikembangkan menjadi suatu Sistem Manajemen Strategi. Sebagai perusahaan yang berorientasi pada laba, metode ini sangat tepat digunakan sebagai alat pengukuran kinerja karena mencakup semua aspek yang diwujudkan pada empat perspektifnya, yaitu: Perspektif Keuangan, Pespektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Hasil penghitungan kinerja pada PT. Malang Intermedia Pers tahun 2007 diperoleh nilai kinerja sebesar 3,464 dengan kriteria kinerja BAIK . Hasil kinerja ini menunjukkan pencapaian realisasi atas target yang telah ditentukan oleh perusahaan pada masing-masing tolak ukur.