Pengukuran Kinerja pada Rumah Sakit Lavalette Malang dengan Menggunakan Balanced Scorecard

Main Author: WiratamaKusumaningtyas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103520/1/050801578.pdf
http://repository.ub.ac.id/103520/
Daftar Isi:
  • Rumah Sakit Lavalette Malang merupakan organisasi yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan di kota Malang yang dituntut untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat sebagai konsekuensi logis dari penjabaran visi, misi, serta tujuan perusahaan agar mampu menghadapi persaingan di masa yang akan datang. Untuk menghadapi persaingan tersebut maka diperlukan kemampuan evaluasi kinerja atas implementasi strategi yang telah dijabarkan dalam program kerja untuk mengetahui sejauh mana strategi mampu menjawab perubahan lingkungan serta mengetahui keberhasilan kinerja. Melihat fenomena di atas maka perlu digunakan suatu model pengukuran kinerja yang mampu mengakomodasi kebutuhan untuk memandang dan menilai Rumah Sakit Lavalette Malang secara komprehensif, yaitu dengan menggunakan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan sistem manajemen strategik yang menjabarkan visi, misi, tujuan, dan strategi ke dalam tujuan operasional dan tolak ukur kinerja untuk 4 perspektif yang saling mendukung, yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Untuk hasil perhitungan kinerja masing-masing perspektif diperoleh nilai sebagai berikut: 1. Perspektif pelanggan memiliki nilai sebesar 4,2. 2. Perspektif keuangan memiliki nilai sebesar 4. 3. Perspektif proses bisnis internal memiliki nilai sebesar 4,75. 4. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memiliki nilai sebesar 3,3. Dari penilaian keempat perspektif Balanced Scorecard sebagaimana telah dihasilkan nilai kinerja Rumah Sakit Lavalette Malang secara keseluruhan sebesar yaitu sebesar 4,06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja Rumah Sakit Lavalette Malang yang diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard dapat dikatakan baik.