Pengaruh Asosiasi Merek Sepeda Motor Honda Berdasarkan Fungsi Merek Terhadap Respon Konsumen Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: RirinAndaryani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103489/1/050801410.pdf
http://repository.ub.ac.id/103489/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek berdasarkan fungsi merek terhadap respon konsumen. Dimana fungsi merek terdiri dari fungsi jaminan, fungsi identifikasi personal, fungsi identifikasi sosial, dan fungsi status. Sedangkan respon konsumen dalam penelitian ini berbentuk kesediaan merekomendasikan merek, kesediaan membayar harga premium dan kesediaan menerima perluasan merek.Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Strata 1 pemilik dan pengguna sepeda motor merek Honda di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel non probabilitas dengan purposive sampling . Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda. Data primer diolah dengan bantuan program SPSS 13 for windows dengan jumlah sampel 100. Dari hasil analisis diketahui korelasi antara asosiasi merek berdasarkan fungsi merek dan respon konsumen adalah positif dan kuat dengan nilai R 0,578. Berarti adanya hubungan yang erat antara variabel bebas dengan variabel terikat. Secara simultan, variabel asosiasi merek berdasarkan fungsi merek berpengaruh secara signifikan terhadap variabel respon konsumen. Sedangkan secara parsial, variabel asosiasi merek berdasarkan fungsi merek yang memberikan pengaruh signifikan terhadap respon konsumen adalah fungsi jaminan (0,465). Besarnya kontribusi fungsi jaminan, fungsi identifikasi personal, fungsi identifikasi sosial dan fungsi status terhadap respon konsumen adalah 0,306 atau sebesar 30,6%. Sedangkan sisanya yaitu 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel-variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil Penelitian dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya perusahaan memperhatikan masalah jaminan yang di dalamnya mengandung unsur kepercayaan, keunggulan kualitas, kemampuan merek dalam memenuhi harapan konsumen, dan kemampuan merek dalam memberikan value for money untuk mempengaruhi respon konsumen.