Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa” Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: NelurilaDiteWijayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103477/1/050801337.pdf
http://repository.ub.ac.id/103477/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penayangan iklan televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa”. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode analisis yang digunakan adalah EPIC Model. EPIC Model adalah salah satu metode untuk mengetahui efektivitas iklan dengan menilai 4 dimensi yang ada dalam iklan yaitu, Empathy, Persuasion, Impact dan Communication. Metode ini mengklasifikasikan iklan ke dalam lima kategori penilaian yaitu; iklan sangat tidak efektif: (skor 1,000-1,800); iklan tidak efektif: (skor 1,801-2,600); iklan cukup efektif: (skor 2,601-3,400); iklan efektif: (skor 3,401-4,200) ; dan iklan sangat efektif: (skor 4,200-5,000). Dari penelitian terhadap mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya didapatkan hasil bahwa iklan televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa” adalah termasuk iklan yang efektif dengan nilai EPIC Rate 3,501. Nilai dari masing-masing dimensi yaitu, dimensi Empathy responden terhadap Iklan televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa” sebesar 3,757 (Efektif); dimensi Persuasion responden terhadap Iklan televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa” sebesar 3,163 (Cukup Efektif); dimensi Impact responden terhadap Iklan televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa” sebesar 3,500 (Efektif); dan dimensi Communication responden terhadap Iklan televisi Sepeda Motor Yamaha Versi “Lagu Grup Band Dewa” sebesar 3,582 (Efektif).