Strategi City Branding: Pengaruh Faktor Pembentuk City Branding Terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan ke Kota Malang
Main Author: | Mujihestia, Tita Imamelina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10347/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor pembentuk city branding yaitu citra kota, keunikan kota dan autentisitas kota terhadap minat berkunjung kembali wisatawan ke Kota Malang, lndonesia. Penelitian ini juga menguji pengaruh kepuasan pengunjung dalam hubungan antara citra kota, keunikan kota dan autentisitas kota terhadap kepuasan pengunjung, Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 180 pengunjung yang pernah datang ke Kota Malang untuk alasan berwisata. Analisa data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan metode PLS-Path Modelting (PLS-PM). Hasil penelitian ini adalah: pertama, citra yang ditangkap oleh wisatawan terhadap Kota Malang memiliki pengaruh penting terhadap minat berkunjung kembali wisatawan dimasa mendatang dan secara langsung juga turut mempengaruhi kepuasan wisatawan terhadap kota Malang. Kedua, keunikan yang dimiliki Kota Malang belum mampu mempengaruhi kepuasan wisatawan terhadap Kota Malang dan belum mampu dijadikan alasan bagi wisatawan untuk datang berkunjung kembali. Ketiga, autentisitas yang dimiliki kota Malang meskipun telah dianggap mampu untuk menarik minat wisatawan berkunjung kembali akan tetapi secara umum tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan yang dirasakan wisata\rvan. Keempat, kepuasan pengunjung secara langsung mampu mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung kembali. Kelima, kepuasan mampu menjadi mediasi hubungan antara citra serta autentisitas kota terhadap minat berkunjung kembali wisatawan meskipun disisi lain belum mampu menjadi mediasi antara keunikan kota dan minat berkunjung kembali wisatawan.