Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL Bebas Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: RizkaMayaPawitra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103468/1/050801323.pdf
http://repository.ub.ac.id/103468/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel pesan iklan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL Bebas, serta untuk menganalisis variabel pesan iklan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL Bebas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan empat variabel bebas (independent) yang terdiri dari isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4), serta variabel terikat (dependent) yaitu keputusan pembelian kartu prabayar XL Bebas (Y). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dimana sampel yang diteliti adalah mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi yang masih aktif dalam semester genap tahun ajaran 2007-2008 yaitu sebanyak 100 orang atau 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cara purposive sampling. Sumber data terdiri dari data primer yaitu hasil jawaban kuesioner dan data sekunder yaitu dokumentasi perusahaan dan buku literatur. Uji Instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah uji asumsi multikolinieritas, uji asumsi heteroskedastisitas, uji asumsi normalitas, regresi berganda, uji simultan (uji statistik F), dan uji parsial (uji statistik t). Hasil dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel pesan iklan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL Bebas secara parsial dan simultan, namun secara parsial ada satu variabel yang tidak mempengaruhi responden dalam mengambil keputusan pembelian kartu prabayar XL Bebas yaitu variabel struktur pesan (X2). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui pula bahwa variabel sumber pesan (X4) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL Bebas.