Pengaruh kualitas jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa PO. Gunung Harta Trasport Malang
Main Author: | YusitaAnggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103453/1/050801266.pdf http://repository.ub.ac.id/103453/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa sejalan dengan dinamisnya perkembangan jaman juga mempengaruhi perubahan pola pikir konsumen yang pada akhirnya berimbas pada perilakunya. Perilaku konsumen yang berubah, menjadi salah satu faktor pendorong semakin tingginya persaingan bisnis, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Perusahaan jasa di bidang transportasi menjadi salah satu jenis perusahaan jasa yang tingkat persaingannya dapat dikatakan sangat tinggi sekarang ini. Agar dapat mengimbangi perubahan perilaku konsumen yang menginginkan tingkat kepuasan yang tinggi, dan dapat memenangkan persaingan, maka perusahaan dapat melakukan upaya untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas jasa. Tujuan dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh dari kualitas jasa yang meliputi variabel Tangibles/Bukti Langsung/Fisik, Reliability/Keandalan, Responsiveness/Daya Tanggap, Assurance/Jaminan, dan Empathy/Empati terhadap keputusan pemilihan jasa konsumen pada PO. GUNUNG HARTA TRANSPORT Malang, serta untuk mengetahui dari kelima variabel, mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pemilihan konsumen. 97 responden dari konsumen PO. GUNUNG HARTA TRANSPORT Malang dipilih dengan menggunakan Accidental Sampling. Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows ver 13.00. Dari hasil analisis, diketahui besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 0,400 (Adjusted R2), yang berarti bahwa variabel kualitas jasa dapat mempengaruhi keputusan pemilihan jasa sebesar 40%; terdapat korelasi yang kuat antara variabel bebas dan variabel terikat yang dijelaskan melalui nilai R sebesar 0,657; melalui uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,814, yang menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Melalui uji t dapat diketahui bahwa variabel bebas Tangibles/Bukti Langsung/Fisik dengan nilai thitung sebesar 2,177 dan Reliability/Keandalan dengan nilai thitung sebesar 2,644; berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat (Keputusan Pemilihan Jasa). Sedangkan variabel bebas Responsiveness/Daya Tanggap dengan nilai thitung sebesar 0,663, Assurance/Jaminan dengan nilai thitung sebesar 0,315; dan Empathy/Empati dengan nilai thitung sebesar 0,325; tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat (Keputusan Pemilihan Jasa). Dari kelima variabel kualitas jasa, Reliability/Keandalan memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pemilihan jasa. Kesimpulan ini diambil berdasarkan nilai koefisien beta Reliability/Keandalan yang paling besar dibandingkan dengan variabel bebas yang lain.