Pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan nasabah Tabungan Simpeda pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang

Main Author: DiniRahmania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103446/1/050801242.pdf
http://repository.ub.ac.id/103446/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek) terhadap kepuasan nasabah tabungan Simpeda. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden yang merupakan nasabah tabungan Simpeda yang terdaftar pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang dan telah menjadi nasabah tabungan Simpeda selama lebih dari satu tahun. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai Fhitung sebesar 21,792. Secara parsial, variabel kesadaran merek berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 1,039. Demikian juga dengan variabel asosiasi merek dengan nilai thitung sebesar 1,136. Sedangkan variabel persepsi kualitas merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 3,303. Variabel loyalitas merek juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 2,517. Dan nilai ajusted R square sebesar 0,459. Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek mempunyai hubungan positif atau searah dengan kepuasan nasabah. Persepsi kualitas merek merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Hasil penelitian dapat digunakan dalam strategi pemasaran, sebaiknya pihak bank mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek untuk memperoleh kepuasan nasabah, terutama persepsi kualitas merek tabungan Simpeda karena variabel ini yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah tabungan Simpeda. Kata kunci : Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Merek, Loyalitas Merek, Kepuasan Nasabah, Analisis Regresi.