Pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi dengan gender sebagai Variabel Moderator

Main Author: NikenAmaliaHabiba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103437/1/050801183.pdf
http://repository.ub.ac.id/103437/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial relationship marketing (komunikasi, komitmen, trust, dan kepuasan kinerja) dengan gender sebagai variabel moderator terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing (komunikasi, komitmen, trust, dan kepuasan kinerja) dengan gender sebagai variabel moderator terhadap loyalitas nasabah digunakan uji F dan uji t dalam analisis berganda dengan menggunakan slope atau moderator effect. Sampel yang diambil adalah sebesar 180 responden. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan menggunakan slope atau moderator effect, diketahui bahwa relationship marketing yang terdiri atas komunikasi, komitmen, trust, dan kepuasan kinerja berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan gender sebagai variabel moderator secara simultan, namun tidak secara parsial. Hal ini menunjukkan bahwa relationship marketing dengan gender sebagai variabel moderator memiliki kontribusi terhadap loyalitas nasabah.