Audit Operasional Untuk Menilai Efisiensi dan Efektivitas Fungsi Pemasaran Pada Kantor Wilayah Perum Pegadaian Malang

Main Author: FajarMaulana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103393/1/050800923.pdf
http://repository.ub.ac.id/103393/
Daftar Isi:
  • Audit operasional merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut. Audit operasional yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran Kantor Wilayah Perum Pegadaian Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefisiensi dan inefektivitas dalam kegiatan operasi perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan saran atau rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara, observasi dan kuisioner. Penilaian efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemasaran secara keseluruhan sudah berjalan efisien namun belum sepenuhnya efektif. Untuk itu Kantor Wilayah Perum Pegadaian Malang harus terus berupaya memperbaiki kinerja fungsi pemasarannya.