Perumusan Strategi Syariah pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang
Main Author: | HalimatulAzizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103381/1/050800777.pdf http://repository.ub.ac.id/103381/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan Bisnis Syariah di Indonesia semakin meningkat, hal ini menunjukan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menjalankan kegiatan usahanya dan kehidupannya dengan memenuhi prinsip syariah. Bisnis syariah yang telah dijalankan sangat diperlukan bagi keberhasilan suatu bisnis yang berorientasi bukan hanya pada profit akan tetapi untuk mencapai keridhoan Allah. Salah satu perwujudan bisnis syariah di Indonesia adalah Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang sebagai dasar perumusan strategi yang sesuai dengan syariah bagi pengembangan perusahaan. Penelitian ini didukung oleh data-data primer berupa hasil interview dan data sekunder berupa data-data olahan pihak eksternal yang terkait dengan judul yang dibahas dalam skripsi ini. Proses perumusan strategi Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang dilakukan berdasarkan analisis EFE Matrix, IFE Matrix, SWOT Matrix, IE Matrix dan QSP Matrix. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang sesuai untuk diterapkan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang adalah strategi penetrasi pasar. Strategi penetrasi pasar adalah strategi yang dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar dari produk/jasa yang dimiliki perusahaan saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Strategi ini bisa dilakukan dengan meningkatkan upaya promosi untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperluas segmentasi pasar sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen. Dengan jumlah pelanggan yang meningkat, diharapkan bisa meningkatkan omzet Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang sehingga bisa memenuhi target laba yang diinginkan, dan tetap berjalan dalam koridor hukum-hukum Allah. Kata Kunci : Bisnis Syariah, Strategi Penetrasi Pasar, Rumah Makan.