Analisis Variabel-Variabel yang empengaruhi Price Earning Ratio (PER) dalam Penilaian Harga Saham studi kasus pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEJ Periode Tahun 2003-2006

Main Author: AdityaNarvianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103302/1/050800023.pdf
http://repository.ub.ac.id/103302/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari earning growth, dividend payout ratio, return on equity, dan financial leverage tarhadap price earning ratio sebagai variabel terikat dalam penilaian harga saham, baik secara simultan maupun parsial, dan mengetahui variabel bebas mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap price earning ratio, serta mengetahui kewajaran harga saham perusahaan sampel selama periode penelitian. Obyek penelitian ini adalah perusahaan Manufacture (manufaktur) yang go public di Bursa Efek Jakarta, dengan periode penelitian tahun 2003-2006. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif (descriptive quantitative), hal ini dilihat dari tujuan yang hendak dicapai, serta penelitian kuantitatif deskriptif ini dapat menjawab pertanyaan yang menyangkut sesuatu pada saat penelitian berlangsung, sehingga dapat memberikan informasi yang lebih bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Data yang digunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah populasi 153 perusahaan, dan sampel yang diambil sebanyak 14 perusahaan. Alat analisa yang digunakan metode regresi berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) yang sudah bebas dari gejala asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel-variabel bebas yang diteliti mempengaruhi price earning ratio perusahaan manufaktur dan secara parsial variabel return on equity dan financial leverage memiliki pengaruh terhadap price earning ratio. Sedangkan earning growth dan dividend payout ratio memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap price earning ratio. Variabel financial leverage merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan dengan arah positif terhadap price earning ratio. Selama periode penelitian, harga saham yang nilainya undervalued tercatat cukup dominan dibanding dengan nilai overvalued maupun wajar.