Pengaruh bauran pemasaran (Marketing Mix) dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Studi pada peserta program asuransi kesehatan komersial di PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesi
Main Author: | AryIrawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103282/1/050703203.pdf http://repository.ub.ac.id/103282/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan relatiomship marketing baik secara simultan maupun persial terhadap loyalitas pelanggan Asuransi kesehatan komersial di PT. (Persera) Asuransi kesehatan Indonesia cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research untuk mengkaji pengaruh bauran pemasaran (yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), orang (X5), sarana fisik (X6), dan proses (X7) dan relationship marketing (X8) terhadap variable terikat yaitu loyalitas pelanggan (Y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik subjek (1) mengikuti program asuransi kesehatan komersial (2) terdaftar di PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia Cabang Malang (3) telah mengikuti program asuransi kesehatan pada PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia Cabang Malang paling sedikit selama 2 tahun. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji normalitas, serta pengujian hipotesis yang meliputi uji F dan uji t. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa variable-variabel bebas yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, sarana fisik, proses, relationship marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung = 124,97 dan nilai signifikan sebesar 0,00. Pengaruh seluruh variable bebas terhadap variable terikat adalah 91,7 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti. Variabel produk, harga proses, dan relationship marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan variable promosi, tempat, orang, dan sarana fisik berpengaruh tidak signifikan karena mempunyai nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Variabel produk memiliki pengaruh dominant dengan nilai sumbangan efektif sebesar 29,7%.