Analisis komparatif kinerja keuangan pada perusahaan pertelevisian yang go public dengan metode Economic Value Added dan Market Value Added : studi Kasus Pada PT. Surya Citra Media, Tbk. dan PT. Indo

Main Author: RatihRosalina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103276/1/050703178.pdf
http://repository.ub.ac.id/103276/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian kali ini dilakukan untuk memperoleh perbandingan kinerja keuangan pada perusahaan pertelevisian di Indonesia yang telah go public. Penilaian kinerja tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) yang dinilai lebih efektif dibandingkan dengan metode sebelumnya yaitu metode konvensional. Metode EVA memberikan perhitungan biaya modal setelah perhitungan laba bersih setelah pajak. Sedangkan metode MVA menjelaskan nilai EVA yang diharapkan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada laporan keuangan perusahaan pertelevisian tersebut yaitu PT. Indosiar Karya Media, Tbk. dan PT. Surya Citra Media, Tbk., dengan membatasi periode penelitian dari tahun 2003 hingga tahun 2005. Penelitian ini menjelaskan PT. Indosiar Karya Media, Tbk. hanya mampu mencetak EVA positif di tahun 2004 saja, sedangkan PT. Surya Citra Media, Tbk. tidak mampu mencetak EVA positif pada tahun-tahun tersebut. Namun, perhitungan dari masing-masing variabel EVA menunjukkan keunggulan PT. Surya Citra Media, Tbk. dibandingkan dengan PT. Indosiar Karya Media, Tbk. Terbukti dari angka negatif perolehan EVA PT. Surya Citra Media cenderung kecil dan stabil dibandingkan dengan PT. Indosiar Karya Media.