Pengaruh manajemen laba, utang (Leverage), dan ukuran perusahaan terhadap kepercayaan investor Studi empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta
Daftar Isi:
- Penelitian ini mereplikasi penelitian dari ardiati (2003)dengan menambahkan dua variabel bebas, yaitu utang (leverage) dan ukuran perusahaan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba, utang (leverage) dan ukuran perusahaan terhadap kepercayaan investor. Penelitian ini melibatkan 120 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2003-2005 sebagai sample, yang diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Variabel-variabel yang digunakan dalam menguji factor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan investor (CAR) adalah manajemen laba (DA), utang (leverage-LEV), dan ukuran perusahaan (SIZE). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba (DA), utang (leverage-LEV), dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan investor (CAR), baik secara serentak (simultan) maupun juga secara parsial. Persamaan regresi juga menunukkan bahwa manajemen laba (DA) memiliki pengaruh yang paling dominant terhadap kepercayaan investor (CAR).