Analisis lingkungan dalam upaya perumusan strategi pada CV Adi Jaya Pujon Malang
Main Author: | MiftahulHidayat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103237/1/050702449.pdf http://repository.ub.ac.id/103237/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya manajemen strategi dalam menghadapi keadaan lingkungan yang selalu berubah dan penuh ketidakpastian. Dalam perumusan manajemen strategi diperlukan identifikasi dan analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan secara sistematis. CV Adi Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dan memiliki komitmen jangka panjang untuk menjadi perusahaan pupuk yang mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Penilitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian deskriptif, sehingga dapat menjelaskan situasi dan kondisi yang ada serta fenomena-fenomena terbaru untuk dapat dijadikan pemecahan masalah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal, analisis IFAS (Internal Factors Analysis Summary), analisis EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary), analisis SFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary), matriks IE (Internal Eksternal), dan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Dari analisis IFAS daat diketahui bahwa keunggulan harga dan loyalitas merek menjadi kekuatan perusahaan, sedangkan Modal dan kualitas SDM menjadi kelemahan perusahaan. Berdasar analisis EFAS juga dapat diketahui bahwa jumlah penduduk Indonesia yang besar dan ceruk pasar yang kosong menjadi peluang, sedangkan produk substitusi dan kenaikan BBM menjadi ancaman perusahaan. Berdasarkan matriks IE dapat diketahui posisi perusahaan berada dalam posisi pertumbuhan (kuadran V). Startegi yang dapat dirumuskan adalah strategi integrasi horisontal dengan memperluas jangkauan geografis pasar serta menambah keragaman produk yang dihasilkan perusahaan.. hasil perumusan strategi yang dilakukan kemudian di teruskan dalam strategi operasinal masing-masing bagian diperusahaan.