Analisis Faktor-Faktor Bank dan Internal Nasabah Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang

Main Author: FikhriArmawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103208/1/050702355.pdf
http://repository.ub.ac.id/103208/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor – faktor bank (karakteristik, pelayanan dan objek fisik) dan internal nasabah (pengetahuan dan persepsi terhadap bunga) terhadap keputusan nasabah menabung di bank syariah. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor – faktor tersebut digunakan analisis regresi logistik, dimana output alat analisis ini berupa probabilitas. Dari hasil analisis regresi logistik diketahui bahwa faktor karakteristik, pelayanan, pengetahuan berpengaruh secara positif terhadap keputusan nasabah menabung di bank syariah. Sedangkan faktor persepsi terhadap bunga berpengaruh secara negatif. Dan faktor persepsi terhadap bunga menjadi faktor dominan karena memiliki koefisien regresi paling besar. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi negatif nasabah terhadap bunga berdampak pada preferensi mereka terhadap bank syariah yang ditindaklanjuti dengan usaha untuk memperoleh informasi mengenai bank syariah. Artinya, keputusan yang mereka ambil tidak hanya berdasarkan alasan emosional semata melainkan juga, alasan rasional. Dengan kata lain pemahaman mereka terhadap bank syariah sudah bagus dan konsisten.