Perumusan Strategi Pada Perusahaan Rokok Lembang Jaya Malang

Main Author: MeylaHerawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103190/1/050702255.pdf
http://repository.ub.ac.id/103190/2/050702255.pdf
http://repository.ub.ac.id/103190/
Daftar Isi:
  • Perusahaan rokok Lembang Jaya merupakan perusahaan rokok golongan kecil yang memproduksi rokok jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT). Perusahaan ini berlokasi di jalan Lembang no. 08 Malang. Adapun dalam penelitian ini, perusahaan rokok Lembang Jaya adalah sebagai subyek penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran dan analisis tentang kondisi lingkungan perusahaan, baik lingkungan eksternal maupun lingkungan internal pada saat ini. Perusahaan ini menghadapi berbagai permasalahan dalam operasionalnya, dimana persaingan yang sangat ketat dan perkembangan lingkungan yang cepat menuntut perusahaan untuk selalu cepat dan tanggap dalam meresponnya agar dapat mempertahankan eksistensi dalam industri, yaitu dengan melalui suatu perumusan strategi bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan rokok Lembang Jaya, serta menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam kondisi lingkungannya, guna mencapai tujuan perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap pengambilan keputusan atas alternatif strategi. Pada tahap pengumpulan data dipergunakan alat analisis antara lain analisis Eksternal Factor Evaluation (EFE) dan analisis Internal Factor Evaluation (IFE). Pada tahap analisis data dipergunakan alat analisis berupa analisis Strengths, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) dan analisis Internal-External (IE). Dan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada tahap pengambilan keputusan, berbagai alternatif strategi dinilai guna menetapkan satu strategi yang paling sesuai untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil analisis lingkungan dan posisi perusahaan, maka ditetapkan satu strategi untuk diimplementasikan, yaitu strategi penetrasi pasar ( Market Penetration ). Adapun penjabaran strategi utama ke dalam strategi fungsional secara lebih terinci dan terarah berdasarkan strategi penetrasi pasar meliputi bidang keuangan, bidang produksi/operasional, bidang pemasaran, dan bidang personalia.