Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Pengguna Oppo Smartphone)

Main Author: Fouratama, Fijar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10315/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan : (1) Signifikansi pengaruh secara bersama-sama variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Konsumen (X2) dan Citra Produk (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y); (2) Signifikansi pengaruh variabel Citra Perusahaan (X1) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (3) Signifikansi pengaruh variabel Citra Konsumen (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (4) Signifikansi pengaruh variabel Citra Produk (X3) Terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 112 Orang responden yang merupakan Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 pengguna handphone Oppo Smartphone dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel citra perusahaan (X1), citra konsumen (X2) dan citra produk (X3) memiliki pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai signifikansi dari uji F sebesar nilai Sig. F 0,000 (0,000 < α = 0,05); (2) Variabel citra perusahaan (X1) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,317 dan nilai sig. t sebesar 0,017 (0,017 < 0,05); (3) Variabel citra konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,346 terhadap struktur keputusan pembelian (Y) dan sig. t adalah sebesar 0,003 (0,003<0,05); (4) Variabel citra produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,677 terhadap struktur keputusan pembelian konsumen (Y) dan sig. t adalah sebesar 0,000 (0,000<0,05), sehingga variabel citra produk (X3) menjadi variabel dominan terhadap keputusan pembelian.