Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Sarung Tenun Tetoron Rayon Study Pada Perusahaan Tenun "Pelangi" Lawang Malang

Main Author: SariEkowati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103145/1/050701992.pdf
http://repository.ub.ac.id/103145/
Daftar Isi:
  • Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi dirancang sedemikian rupa guna mensukseskan program pemasaran di suatu perusahaan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa kondisi persaingan dan perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis, telah membuat perancangan bauran pemasaran harus benar-benar mampu sesuai dengan iklim perubahan dan persaingan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap variabel penjualan dan mengetahui variabel bauran pemasaran yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel penjualan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan angka yang signifikan pada biaya produksi (X 1), harga (X2), biaya distribusi (X3) dan biaya promosi (X4) terhadap volume penjualan (Y). Hasil perhitungan uji-F menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel biaya produksi (X1), harga (X2), biaya distribusi (X3), biaya promosi (X4) terhadap volume penjualan. Uji-t menunjukkan bahwa masing-masing variabel memiliki pengaruh secara parsial terhadap volume penjualan dan variabel harga memiliki pengaruh paling dominan terhadap volume penjualan dibanding variabel lainnya. Atas dasar kesimpulan diatas hendaknya perusahaan mempertahankan kebijakan bauran pemasaran yang ada, karena terbukti masing-masing variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan yang berdampak pada kemajuan perusahaan.