Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel NIKISA BODY REPAIR di Malang

Main Author: ArdhiRamadhani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103129/1/050701919.pdf
http://repository.ub.ac.id/103129/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksplanatory yaitu menjelaskan hubungan antara variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan bengkel NIKISA BODY REPAIR di Malang sebagai obyeknya, dengan judul penelitian : "Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Bengkel NIKISA BODY REPAIR di Malang". Latar belakang pengambilan judul pada penelitian ini adalah persaingan yang cukup ketat pada bisnis jasa perawatan kendaraan roda empat, yang menyebabkan bengkel NIKISA BODY REPAIR untuk mempunyai suatu keunggulan dalam memenangkan persaingan tersebut. Keunggulan dapat diwujutkan salah satunya dengan peningkatan kualitas pelayanan dari bengkel NIKISA BODY REPAIR agar kepuasan konsumen bisa terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan bengkel NIKISA BODY REPAIR, dan untuk mengetahui faktor dimensi kualitas jasa manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan bengkel NIKISA BODY REPAIR di Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah populasi sample dengan menyebarkan kuisioner pada responden yang telah ditentukan (purposive sampling) untuk memperoleh data penelitian. Analisa data yang digunakan yaitu mnggnakan metode statistik seperti regresi linier berganda,uji F, Uji t, untuk menguji hipotesis yang ditentukan. Berdasarakan kajian teori yang diogunakan, maka penulis menarik suatu suatu hipotesis. Hipotesis I dimana terdapat pengharuh yang siknifikan secara serentak dan parsial antara variabel dimensi kualitas jasa seperti Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X3), dan Empati (X5) terhadap variabel Kepuasan pelangggan (Y1). Dan hipotesis yang ke II diduga bahwa variabel empati (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) dibanding keempat variabel lainnya. Dari data yang diolah maka dihasilkan variabel dimensi kualitas jasa berpengaruh secara siknifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan baik secara parsial atau simultan. Dan variabel dimensi kualitas jasa yang berpengaruh dominan terhadap variabel kepuasan pelanggan adalah variabel Empati (X5).