Analisis Strategi pemasaran Jawa Pos khususnya dalam membangun hubungan dengan agen koran Studi kasus pada Jawa Pos Radar Malang

Main Author: VincentiusDwiTjahjo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103120/1/050701890.pdf
http://repository.ub.ac.id/103120/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dalam usaha membangun hubungan antara Jawa Pos Radar Malang dengan agen koran. Permasalahan-permasalahan yang terjadi tersebut kemudian dipecahkan dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Untuk menganalisis data yang diperoleh, digunakanlah teknik deskriptif dengan model interaktif. Dari hasil analisis data tersebut, permasalahan utama yang didapat adalah terjadinya kerenggangan hubungan antara Jawa Pos Radar Malang dengan agen korannya. Permasalahan tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Dari sekian faktor yang ada, faktor utamanya adalah penunggakan pembayaran uang koran bulanan oleh agen koran. Permasalahan ini menimbulkan berbagai macam akibat, mulai dari timbulnya rasa saling curiga hingga berujung pada menurunnya volume penjualan koran Jawa Pos Radar Malang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak perwakilan Jawa Pos Radar Malang harus lebih sering mengunjungi setiap agen korannya. Kunjungan ini bisa lebih mendekatkan hubungan mereka dengan para agen koran sekaligus bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk mendengar dan menanggapi keluh kesah para agen mengenai permasalahan distribusi koran. Melalui tindakan ini diharapkan pola pikir Jawa Pos Radar Malang dengan agen korannya bisa menjadi sejalan, sehingga loyalitas agen dapat lebih ditingkatkan.