Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Nilai Pasar Terhadap Harga Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016)
Main Author: | Putranto, Ashari Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10312/ |
Daftar Isi:
- Analisis kinerja perusahaan merupakan hal yang penting dilakukan oleh investor. Kinerja perusahaan dipengaruhi oleh gabungan berbagai faktor. Faktor-faktor yang dianggap penting antara lain adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan nilai pasar. Keempat indikator tersebut relatif tinggi memengaruhi harga saham perusahaan. Apabila analisis yang dilaksanakan tepat maka kemungkinan besar investor mampu mengetahui perusahaan mana saja akan memberikan keuntungan. Namun sebaliknya, apabila analisis yang dilaksanakan tidak tepat maka kemungkinan kecil investor mampu mengetahui perusahaan mana saja akan memberikan keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan nilai pasar mempengaruhi harga saham. Metode penelitian yang dipakai ialah explanatory yang memakai data sekunder dari berbagai sumber dengan sampel sejumlah tujuh perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang dipakai ialah analisis deskriptif yang berisi distribusi butir dari masing-masing variabel. Analisis selanjutnya ialah analisis regresi linier berganda yang dipakai untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil uji regresi linier berganda didapat nilai F hitung sejumlah 37,009 dengan probabilitas 0,000. Nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi yang dipakai, yakni 5% lalu model regresi bisa dipakai untuk menduga harga saham (closing price). Hal ini artinya variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan nilai pasar secara simultan (bersama-sama) memengaruhi harga saham). Hasil analisis regresi selanjutnya menunjukkan bahwa tiga variabel independen, yakni ukuran perusahaan (TR), profitabilitas (ROA), dan leverage (DER) sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, yakni harga saham (CP) masing-masing tingkat signifikansinya senilai 0,000; 0,000; dan 0,028. Variabel lainnya, nilai pasar (PER) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap variabel harga saham (CP), dikarenakan angka signifikansinya lebih tinggi daripada tingkat signifikansi yang dipakai, yakni 0,050 (5%). Nilai koefisien (R Square) senilai 0,750. Hal tersebut memperlihatkan bahwa pengaruh variabel independen (ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan nilai pasar) terhadap variabel dependen (harga saham) yang bisa dijelaskan oleh persamaan ini senilai 75% sedangkan sisanya senilai 25% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dipakai dalam model regresi. iv Saran-saran yang diberikan oleh penulis adalah: 1. Sesuai dengan hasil penelitian dan pembahasan maka penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas bahasan melalui faktor tidak hanya faktor yang dipakai peneliti dalam pengaruhnya terhadap harga saham. Peneliti selanjutnya bisa menggunakan variabel fundamental internal, seperti rasiorasio keuangan lainnya ataupun variabel fundamental eksternal, seperti inflasi, kurs valuta asing, tingkat suku bunga, dan deposito. 2. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memakai sampel perusahaan selain sektor pertambangan. 3. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memasukkan variabel penelitian yang tidak signifikan ke dalam penelitian yang akan datang.