Daftar Isi:
  • Penelitian ini berupaya untuk mengkaji keterkaitan antara variabel bauran pemasaran (Biaya Produk, Tingkat Harga, Biaya Promosi dan Biaya Saluran Distribusi) terhadap peningkatan Penjualan pada Perusahaan Rokok PT. Super Star Tobacco Indonesia. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari Biaya Produk, Tingkat Harga, Biaya Promosi dan Biaya Saluran Distribusi terhadap peningkatan Penjualan perusahaan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel (X1), (X2), (X3), (X4) secara bersama sama mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel (Y). Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa variabel Tingkat Harga (X2) mempunyai pengaruh dominan dibanding variabel Biaya Produk (X1), Biaya Promosi (X3), dan Biaya Distribusi (X4). Temuan dari hasil penelitian ini memiliki implikasi kepada manajemen, bahwa dalam pengambilan kebijaksanaan manajerial, penerapan konsep bauran pemasaran masih dapat mengikuti perkembangan persaingan yang terjadi saat sekarang ini karena pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan positif dan signifikan dengan lebih memfokuskan pada dimensi harga untuk lebih meningkatkan penjualan. Disamping itu manajemen dapat memformulasikan beberapa kebijakan pemasaran yang lain, seperti peningkatan kualitas produk, kebijakan promosi penjualan dan pengembangan saluran distribusi.