Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok Merek Sangkar Emas di Kota Malang
Main Author: | LyaMardianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103064/1/050701427.pdf http://repository.ub.ac.id/103064/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari bauran pemasaran , yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian di Kota Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang dominan. Jenis penelitiannya adalah explanatory dan penelitian ini mengambil sampel sebanyak 120 responden melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Variabel dependen (terikat) yaitu keputusan pembelian dan variabel bebas yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4). Hasil analisis yang diperoleh adalah bahwa dari keempat variabel bebas tersebut diatas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, produk dengan β 1=0,275, harga dengan β 2= 0,356, promosi dengan β 3=0,115, dan saluran distribusi dengan β 4=0,220. Secara simultan semua variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusab pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), dengan koefisien determinan (adjusted R square) 65%. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah harga dengan koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,374. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah keempat variabel independen (Bauran pemasaran), yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4) semuanya berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian (Y) secara positif dan signifikan. Variabel harga (X2) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Dengan diketahui bahwa keempat variabel bebas (Bauran pemasaran): produk (X1), harga (X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4), berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), diharapkan PR HF PRIMA Malang dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.