Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Pemilihan hotel Sentrum Ponorogo

Main Author: YusrenaWachidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103053/1/KATA_PENGANTAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/103053/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/103053/3/yeyen_data.pdf
http://repository.ub.ac.id/103053/
Daftar Isi:
  • Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Bauran Pemasaran Jasa secara simultan dan parsial terhadap pemilihan Hotel Sentrum Ponorogo serta untuk mengetahui variabel Bauran Pemasaran Jasa yang paling dominan dalam mempengaruhi pemilihan Hotel Sentrum Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research yang mengkaji pengaruh variabel-variabel penelitian yaitu variabel bebas meliputi: produk (X 1), harga (X2), lokasi (X3), dan layanan pelanggan(X4) terhadap variabel terikat yaitu pemilihan hotel (Y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 98 orang tamu pengunjung hotel Sentrum Ponorogo. Alat analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik meliputi uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas, serta uji hipotesis meliputi uji F dan uji t. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan layanan pelanggan(X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan hotel (Y) dengan nilai F hitung sebesar 34,508 pada level signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 59,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh keempat variabel (X) sangat kuat terhadap variabel (Y). Variabel lokasi (X3) secara parsial mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap pemilihan hotel (Y). Hal ini menunjukkan bahwa lokasi dianggap tidak menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam menggunakan jasa Hotel Sentrum. Layanan pelanggan (X4) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap pemilihan hotel (Y) dengan nilai koefisien beta terbesar 0,524.